INFO PARA PENDAKI GUNUNG CIKURAY GARUT

Monday, October 1, 2018

INFO PARA PENDAKI GUNUNG CIKURAY GARUT


GUNUNG CIKURAY

Gunung Cikuray adalah gunung tertinggi keempat di jawa barat setelah gunung Gede, Pangrango dan Ciremai. Secara geografis gunung Cikuray terletak di sebelah selatan provinsi jawa barat tepatnya di kabupaten Garut, dan berada di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung. Gunung ini memiliki ketinggian 2.821 mdpl (meter di atas permukaan laut).
Kabupaten Garut terkenal sebagai daerah yang dingin dan banyak wisata gunungnya termasuk gunung Cikuray. Bagi para pendaki yang memiliki waktu liburan panjang atau pendaki dari luar provinsi biasanya melakukan pendakian gunung Cikuray sekaligus gunung guntur atau papandayan karena memang letaknya berdekatan.
Gunung Cikuray menjadi destinasi yang cukup populer bagi para pendaki khususnya di sekitar Jawa Barat dan Jabodetabek. Jika musim libur atau weekend banyak sekali pendakian ke sana. Letak gunung Cikuray yang cukup strategis juga menjadi alasan banyaknya pendaki yang memilih mengisi weekend mereka di gunung tersebut. Jalur pendakian gunung Cikuray ada tiga yakni jalur Cikajang, jalur Bayongbong dan jalur Dayeuhmanggung atau pos pemancar TVRI.
JALUR PENDAKIAN
– Jalur Cikajang
– Jalur Bayongbong
– Jalur Dayeuhmanggung, Cilawu (pos pemancar)
Jalur Cikajang adalah jalur yang lebih panjang namun treknya lebih mudah ketimbang jalur lainnya. Jalan via Cikajang akan melewati perkebunan warga. Selain itu, dua jalur lainnya adalah jalur pendakian Bayongbong dan Dayeuhmanggung bisa dibilang hampir sama, yakni treknya cenderung lebih pendek ketimbang jalur Cikajang hanya saja lebih curam dan terjal. Bagi para pendaki, biasanya jalur via dayeuhmanggung, Cilawu adalah pilihan favorit mereka.
TRANSPORTASI
Dari Bandung
– menggunakan angkot/bis menuju terminal Guntur
– pilih jalur pendakian berdasarkan kecamatan: Cikajang, Bayongbong atau Dayeuh Manggung
– bilang saja menuju pos pendakian
Dari jawa tengah/jawa timur/dst
– paling utama tujulah kabupaten Garut. Jika naik bis turunlah di terminal Guntur.
– lalu tanyakan ke arah gunung Cikuray. Pilih saja jalur pendakiannya: Cikajang, Bayongbong atau Dayeuh Manggung
– moda transportasi bagi pendaki dari luar daerah bisa menggunakan: carter angkot/mobil, naik angkot-ojek, dsb. Yang terpenting jangan sungkan bertanya
Info tambahan soal biaya angkot dll saat di terminal Guntur:
Dari terminal Guntur biasanya perjalanan dilanjutkan dengan angkot 06 menuju Cilawu, dapat turun di Sukamulya atau Cigarungsang, lalu dapat dilanjutkan dengan jasa ojek untuk menuju Stasiun pemancar Rp.35.000/orang.
Gunung Cikuray adalah gunung yang berbentuk kerucut. Jika saat matahari terbit (sunrise) sampai waktu menuju siang biasanya terlihat bayangan kerucut puncak Cikuray. Wisata gunung dari Garut ini memang cukup terkenal oleh masyarakat setempat dan cukup diminti oleh pendaki atau wisatawan dari luar daerah terutama Jakarta dan jawa barat. Selain lokasinya yang memiliki pemandangan alam yang indah, akses menuju pos pendakian juga tidak sulit. Ditambah lagi gunung Cikuray bukan termasuk gunung yang tinggi, bisa dibilang sedang-sedang saja.
SEJARAH
Sejarah Gunung Cikuray menurut wikipedia sekitar abad 17-an gunung ini adalah tempat pertapaan atau persembahan. Lereng Gunung Cikuray menjadi mandala, yaitu pusat pertapaan para pendeta dan kegiatan tulis menulis kerajaan Padjadjaran. Bukti-bukti tertulis mengenai mandala ini masih tersimpan di sebuah cagar budaya Ciburuy di Kecamatan Cigedug
MISTERI
Kismis atau kisah misteri pada beberapa gunung di Jawa umumnya hamir sama yakni berkisah tentang pendaki yang melihat makhluk lain atau kisah pendaki tersesat. Hal demikian juga berlaku pada gunung CIkuray. Banyak pendaki yang mengisahkan pengalamannya demikian dan bagi kalangan pendaki tentu bisa dianggap “ya memang seperti itu”.
Misteri gunung Cikuray menurut penuturan penduduk: Gunung Cikuray dahulu sering dijadikan tempat oleh beberapa penduduk meminta pertolongan atau dalam bahasa lain “minta keselamatan” “minta pesugihan” “minta cantik rupawan” dan lain sebagainya. Tapi mungkin masih berlanjut hingga saat ini. Dahulu diceritakan ada makam yang menjadi tempat penyembahan yakni berada di puncak bayangan atau di pos 6, dan satu lagi di puncak gunung itu sendiri. Di Cikuray menurut cerita memiliki sebuah petilasan candi berukuran kecil yang tersembunyi di daerah puncak bayangan, menurut mitosnya ketika kita bisa mengangkat candi tersebut, maka kita akan (Meunnang Milik) mendapatkan keberuntungan. Demikian kisah misteri ini dibuat sebagai ilmu pengetahuan semata.
GAMBARAN SINGKAT PENDAKIAN GUNUNG CIKURAY

Jalur pendakian gunung Cikuray melewati perkebunan warga
.

Pos pemancar cikuray
.

Kebun teh jalur pemancar gunung cikuray
.

Trek gunung Cikuray terbilang terjal dan curam. Biasa dinamakan trek “dengkul ketemu dada”
.

Patok peringatan
.

Sunset di puncak Cikuray
.

Bayangan kerucut cikuray
.

Golden sunrise
.
Gunung Cikuray menarik banyak pendaki dari dalam maupun luar wilayah. Terbukti di hari-hari biasa tetap saja ramai apalagi saat weekend.
TIPS PENDAKIAN
  1. Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan
  2. Latihan fisik seminggu sebelum hari H
  3. Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa . Jangan lupa bawa sesuatu misal benda kesayangan atau tulisan untuk seseorang supaya bisa foto bareng saat di puncak tapi jangan lupa dibawa pulang dan jangan buang sampah sembarangan
  4. Tim yang solid adalah 5-8 orang. Jika sedikit usahakan 3 orang (1 orang harus sudah pernah naik gunung)
  5. Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung
  6. Untuk pendakian Cikuray kita bisa naik pagi atau malam. Jika pagi bagusnya pukul 10-13. Jika malam 6-7
  7. Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan diselimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung
  8. Jika ada anggota kelompok yang tidak bisa melanjutkan perjalanan sebaiknya ditemani. Atau jika sakit parah langsung beritahu dengan kelompok lain.
INFORMASI GUNUNG CIKURAY
Nama: Gunung Cikuray
Nama lain: Gunung Srimanganti atau Srimanganten
Ketinggian: 2.821 mdpl
Jenis: Gunung api aktif
Lokasi: Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat

INI VIDEO NYA
⏬⏬⏬⏬⏬⏬⏬⏬⏬⏬⏬⏬⏬⏬⏬

Lihat video nya pendakian gunung cikuray



0 comments :

Post a Comment